Home - Hardware - Apa Bedanya Printer Dot Matrix, Inkjet dan Laserjet ?

Apa Bedanya Printer Dot Matrix, Inkjet dan Laserjet ?

Apa Bedanya Printer Dot Matrix, Inkjet dan Laserjet ? – Printer merupakan perangkat yang digunakan untuk mencetak. Penggunaan printer saat ini memang mengalami perkembangan, karena memang teknologi akan terus berkembang.

Belum banyak orang mengetahui ada beberapa jenis printer yang sering digunakan. Ada 3 jenis printer yakni : Dot Matrix, Inkjet dan Laserjet. Ketiga printer ini merupakan jenis printer yang beredar di masyarakat. Apa bedanya printer Dot Matrix, Inkjet dan Laserjet ? simak ulasannya berikut ini

Baca juga :

Apa Bedanya Printer Dot Matrix, Inkjet dan Laserjet ?

Printer Dot Matrix

Jenis printer ini kebanyakan digunakan di koperasi atau kantor-kantor yang butuh salinan data. Karena memang jenis printer ini dapat digunakan untuk mencetak rangkap untuk bukti transaksi. Gambarnya printer seperti di bawah ini.

Apa Bedanya Printer Dot Matrix, Inkjet dan Laserjet ?
Jenis printer dot matrix ini memiliki keunggulan yakni hemat biaya karena harganya relatif murah, awet digunakan, tinta, pita lebih murah harganya daripada jenis printer lainnya.

Kekurangan dari jenis printer ini yakni hasil cetakan dari printer ini masih memiliki rendah. Jadi jangan mencetak foto menggunakan printer ini. Dan juga seperti yang sudah diketahui bahwa printer ini ketika melakukan proses printing akan menimbulkan suara berisik.

 

Printer Inkjet

Jenis printer ini yang banyak dikenal masyarakat karena printer jenis mudah didapatkan di toko printer.

Printer yang menggunakan tinta jenis dye ini banyak digunakan untuk mencetak dokumen dan juga foto yang butuh hasil maksimal. Karena memang jenis tinta yang digunakan adalah DYE maka hasilnya bisa detail dan maksimal.

Kelebihan dari printer ini adalah dapat menghasilkan cetakan yang maksimal dan detail. Suara yang dihasilkan ketika proses cetak atau printing relatif rendah karena menggunakan menggunakan teknik semprot jadi suaranya dapat diredam. Tapi entah kenapa Canon IP2270 suaranya kok kadang-kadang bising ya ? 😀

Apa Bedanya Printer Dot Matrix, Inkjet dan Laserjet ?

Kekurangan dari jenis printer ini yakni harga tinta yang cukup mahal dan perawatan yang juga mahal. Kalau berdasarkan pengalaman, kebanyakan masyarakat kurang paham dengan printernya sehingga tidak dirawat dan mengalami masalah dan akhirnya butuh biaya yang cukup mahal.

 

Printer Laserjet

Jenis printer ini merupakan printer yang tergolong cukup mahal harganya. Karena komponen di dalam printer ini pun banyak yang mahal seperti Wipper Blade, DR Blacer, Coating Film, OPC Drum, dan lain-lain. Cara kerjanya mirip dengan mesin foto copy. Mesin foto copy yang besar, bukan mesin foto copy model printer.

Apa Bedanya Printer Dot Matrix, Inkjet dan Laserjet ?

Keunggulan dari printer laserjet ini adalah kecepatan cetaknya yang cepat, hasilnya pun bagus dan detail. Hasil cetakan mudah kering (karena memang menggunakan tinta kering atau toner atau serbuk). Efisien untuk mencetak karena lebih cepat apalagi untuk warna hitam putih tentu lebih cepat.

Kekurangan yang dimiliki jenis printer ini adalah harga printernya sendiri mahal dan untuk pengisian tinta tidak bisa manual. Ada cara tersendiri untuk mengisi tintanya.

Baca juga :

Dan perlu diketahui bahwa untuk menghasilkan hasil cetakan maksimal harus paham mengenai jenis kertas dan jenis printernya. Jika salah maka hasilnya akan tidak maksimal. Karena ada kertas yang hanya bisa digunakan untuk printer laserjet dan tidak bisa digunakan untuk jenis lain. Perpaduan antara jenis kertas dan printer yang tepat akan menghasilkan hasil cetakan maksimal. Karena itulah pahami jenis kertasnya dan model printer yang akan digunakan untuk mencetak. Sekian dan dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *