Home » Internet Marketing » Alasan yang Membuat Orang Enggan Berbelanja Online

Alasan yang Membuat Orang Enggan Berbelanja Online

Alasan yang Membuat Orang Enggan Berbelanja Online – Belanja sekarang di zaman yang serba digital seperti sekarang memang serba mudah. Kita tidak harus ke pasar untuk melakukan proses jual beli. Cukup di rumah saja kita bisa melakukan transaksi jual beli.

Tersedianya toko online di internet seperti sekarang ini malah membuat harga lebih murah. Lebih murah barang di toko online daripada toko offline. Alasan mengapa toko online lebih murah daripada offline adalah karena banyak pesaing di toko online serta penjual di toko online merupakan distributor utama, jadi harganya lebih miring.

Walaupun terbilang mudah untuk melakukan proses jual beli namun masih ada orang yang enggan untuk berbelanja online. Ada banyak alasan mengapa seseorang enggan untuk berbelanja secara online, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini :

Alasan yang Membuat Orang Enggan Berbelanja Online

Alasan yang Membuat Orang Enggan Berbelanja Online

Takut Kena Tipu

Tidak perlu khawatir ketika kita belanja online. Kita bisa memanfaatkan marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan lainnya. Bukalapak dan tokopedia ini sifatnya seperti rekening bersama. Jadi kita transfer langsung ke penjual, namun ke rekening tokopedia dan bukalapak yang mana ketika barang kita terima baru dana atau uang yang kita transfer dikirim ke penjual. Ketika barang tidak sesuai pun atau ditipu kita bisa ambil uang kita kembali. Jadi aman kan ?

Belum Tahu Barangnya Yang Akan Dibeli

Membeli kucing dalam karung, mungkin itu yang kadang dikeluhkan orang. Seseorang kurang paham barang yang akan dibeli, jadinya orang enggan beli online. Seorang penjual online biasanya akan menjelaskan secara detail mengenai barang yang dijual. Mereka melampirkan foto dan juga deskripsi agar pembeli benar-benar paham barang yang dibeli.

Baca juga :

Transaksi Ribet

Tidak punya uang di bank merupakan juga salah satu alasan mengapa orang enggan belanja online. Mau bayar gimana, lah tidak punya uang di Bank. Tenang saja, jika kita membeli barang di marketplace seperti tokopedia atau yang lainnya kita bisa memilih pembayaran menggunakan uang tunai yang bisa dibayarkan di Indomaret atau alfamart. Di wilayah kecamatan ada kan gerai Indomaret dan Alfamart ini ???

Trauma Belanja Online

Pernah kena tipu belanja online ? Cukup jadikan hal itu sebagai pengalaman. Tips mudahnya, jangan pernah tergiur dengan harga murah dan jangan sampai transfer langsung ke penjual. Karena saya sendiri pernah demikian, saya kira asli jualan, eee setelah transfer malah WhatsApp di blok. Haha 😀 Baca ceritanya Beli Jam Tangan Lewat Sosial Media Malah Kena Tipu

Ongkos Kirim Mahal

Benar murah barangnya, tapi kan ada ongkos kirimnya, jadinya mahal kan ? Hmmm, tidak juga, jika kita membeli barang di marketplace tertentu dengan jumlah tertentu maka kita akan mendapatkan free ongkir atau bebas ongkos kirim. Kalau tidak salah dengan belanja Rp. 90.000 kita bisa mendapatkan free ongkir. Masalah marketplace (tokopedia, bukalapak dan lainnya) yang menyediakan promo free ongkir silakan cari sendiri. Karena terkadang marketplace mengadakan promo free ongkir dalam waktu tertentu.

Waktu Kirim Barang Yang Lama

Barang yang kita beli tidak bisa kita terima dalam waktu yang sama, kecuali di kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan kota lainnya yang ada ojek online yang bisa kirim barang langsung pada hari yang sama. Syarat dikirim pada hari yang sama adalah penjual dan pembeli berada di kota yang sama dan mendukung ojek online. Jadi bagi Anda yang tinggal di kota kecil atau pedesaan maka tidak bisa melakukan kirim pada hari yang sama ini.

Belanja online memang memudahkan kita, namun ada syarat dan ketentuannya sendiri. Ada sisi negatif dan sisi positifnya. Silakan baca Tips Belanja Online Secara Aman agar tidak kecewa ketika membeli barang secara online. Jika Anda memiliki pengalaman lainnya mengapa enggan untuk belanja online silakan isi dikolom komentar. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *