Home - Tips Windows - Alasan Upload dan Download Lemot dan Solusinya

Alasan Upload dan Download Lemot dan Solusinya

Alasan Upload dan Download Lemot dan Solusinya – Dengan adanya koneksi internet maka seseorang dapat juga melakukan proses upload dan download. Upload adalah proses mengunggah sebuah file ke internet, sedang download adalah aktifitas mengunduh/mengambil file dari internet.

Alasan Upload dan Download Lemot dan Solusinya

Alasan Upload dan Download Lemot dan SolusinyaMungkin pengertian upload dan download sudah anda pahami sejak dulu. Jika sudah paham tentang apa itu upload dan download sekarang kita akan bahas mengapa proses upload dan download itu lemot. Lama atau tidaknya proses upload dan download tergantung beberapa sebab diantaranya :

1. Kecepatan Internet

Kecepatan internet merupakan alasan dasar mengapa internet lemot. Jika sedang menggunakan modem GSM dan sinyal masih 2G sebaiknya jangan mencoba mendownload file yang besar. Bisa-bisa kecewa karena kecepatan download dengan jaringan 2G sangatlah lambat. Dan juga download menggunakan jaringan GSM mahal, lebih baik gunakan wifi telkom atau jika memang sudah menggunakan telkom speedy yang unlimited maka kecepatanya terbilang stabil dan cepat.

Baca juga : Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 10

2. Server Download dan Upload

Sekarang ini banyak server tempat menyimpan file gratis yang disediakan di internet. Ada yang gratis ada pula yang berbayar. Gratis namun terbatas : terbatas besaran data, terbatas kecepatan upload dan download. Namun jika berbayar biasanya akan ada keistimewaan tersendiri yang berbeda dengan yang gratis.

Jika menggunakan akun gratis untuk upload dan download maka jangan berharap banyak kecepatan download dan upload cepat karena memang telah diatur dari server agar ada pembatasan. Dan juga masalah penyedia layanan sever ini, jika mendownload dan upload dari Google Drive maka akan terasa cepat namun jika menggunakan server lain maka kecepatannya akan berbeda. Seperti yang kita tahu bahwa google merupakan raksasa teknologi yang canggih dan sudah tidak diragukan lagi. Karena pengalaman pribadi seperti itu, saya upload di server selain google drive gagal namun upload dan download di Google Drive lancar.

Baca juga : Cara Upload dan Seting di Google Drive

3. Software Downloader

Penggunaan software download juga berpengaruh. Jika download manual menggunakan browser biasa maka kecepatannya tidak akan bisa dipercepat. Namun jika menggunakan software downloader seperti IDM (internet download manager) maka akan lebih cepat dan terorganisir.

Baca juga : Cara Mempercepat Download IDM

Ketika point di atas tidak bisa dipisahkan atau ada keterkaitan. Jika ketiga sudah di atur dengan baik maka anda bisa mendownload dengan cepat dan stabil. Itulah Alasan Upload dan Download Lemot dan Solusinya. Semoga bermanfaat dan terima Kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *