8 Panduan Memilih Power Bank Terbaik Untuk Android

8 Panduan Memilih Power Bank Terbaik Untuk Android – Ada beberapa cara agar kalian bisa mendapat power bank yang tepat untuk smartphone kesayangan kalian.

Power bank merupakan benda yang dibutuhkan ketika melakukan perjalanan jauh di dalam perjalanan tersebut tidak tersedia tempat untuk mengisi baterai HP.

Dengan adanya power bank juga akan membuat baterai HP kalian menjadi lebih aman dan tidak mudah ngedrop. Karena apabila baterai sering sampai kehabisan baterai maka akan menyebabkan penurunan kualitas baterai tersebut. Maka dari itulah kita membutuhkan power bank agar jangan sampai kehabisan baterai.

Power Bank saat ini sangat beragam. Beragam kapasitas baterai. Beragam model dan bentuknya. Dan juga berbagai ragam merk yang tersedia di pasaran.

Kalian harus benar-benar paham akan sebuah power bank. Paham dengan kualitas dan keunggulan agar tidak salah pilih. Di bawah ini kami sajikan panduan bagaimana cara memilih power bank terbaik untuk android kesayangan kalian.

Baca juga :  Cara Mengapus Iklan Bawaan Di Xiaomi Redmi Terbaru (100% Work)

Panduan Memilih Power Bank Terbaik Untuk Android

Tak usah ragu membeli power bank. Gunakan tips memilih power bank di bawah agar kamu mendapat power bank yang tepat.

8 Panduan Memilih Power Bank Terbaik Untuk Android

1. Utamakan Baterai Li-Polymer, Jenis Baterai Juga Mempengaruhi Hasil

Ada 2 jenis baterai pada umumnya yakni Lithium-ion (Li-Ion) dan juga Li-Polymer (Li-Po). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing.

Keunggulan dari Li-Ion adalah Harga yang relatif lebih murah namun untuk kualitas masih kalah dengan Li-Po.

Kebanyakan baterai yang dipakai di pasaran adalah baterai Lithium Ion (Li-Ion), meskipun harganya relatif lebih murah dibanding baterai Li-Polymer (Li-Po), baterai Li-Ion seringkali tidak stabil, menyebabkan baterai Li-Ion lebih cepat panas dan mudah bermasalah, bahkan bisa saja meledak.

Sebaliknya, baterai berjenis Li-Po lebih stabil dan tidak mudah mengalami kebocoran elektrolit. Sehingga, power bank baterai Li-Po memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding Li-Ion.

 

2. Power bank Bersertifikasi CE dan FCC Lebih Terjamin Kualitasnya

Untuk menjamin kualitas maka pilih power bank yang sudah memiliki sertifikat. Pastikan memiliki serfitikat CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission).

Apabila sudah memiliki sertifikasi ini maka produk yang kalian gunakan statusnya sudah lulus uji standarisasi dan layak digunakan.

Baca juga :  Alasan Mengapa XIAOMI Harganya Murah

3. Pilih Power Bank dari Merk Yang Sudah dikenal oleh Masyarakat

Jangan salah. Membeli produk branded atau bermerk tentu lebih menyakinkan daripada produk yang merknya tidak dikenal. Hal ini karena kita akan lebih yakin terhadap kualitas daripada sebuah brand.

Tidak hanya menang merk tapi juga benar-benar memiliki kualitas. Jika kamu membeli power bank sebaiknya pilih produk yang lebih banyak dikenal di masyarakat. Jangan asal merk saja.

Dan yang perlu diperhatikan adalah adanya oknum yang mencopy merk alias menipu pembeli dengan produk palsu. Jika menemukan power bank bermerk dengan harga miring terlalu sebaiknya berhati-hati, karena bisa jadi itu merupakan power bank KW atau palsu.

Untuk itu sebaiknya kalian membeli power bank di toko online resmi atau official store jika membelinya via online. Namun apabila membeli offline maka mintalah garansi agar tidak kecewa.

 

4. Power Bank Bergaransi Resmi Akan Lebih Menjamin

Garansi sangat penting bagi pembeli. Karena dengan adanya garansi ini maka power bank yang rusak bisa dikembalikan atau diganti baru dari pihak penjual atau pabrik.

Untuk lama garansi power bank bervariasi. Ada yang yang 6 ada pula yang 1 tahun. Pilih saja power bank yang memiliki garansi paling panjang.

Baca juga :  HP Android XIAOMI Redmi 5A Cuma 1 Jutaan

5. Pilih Power Bank Dengan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Kapasitas dari power bank bermacam-macam. mulai di bawah 10.000 mAh sampai 10.000 ke atas.

Jika kalian membeli power bank maka pilih power bank dengan kapasitas 2 kali lipat dari kapasitas baterai HP Android kalian.

Mengapa demikian ? Karena apabila kapasitas power bank sama dengan kapasitas baterai maka hanya dapat mengisi 1 kali saja. Tapi jika lebih maka ini akan membuat lebih nyaman apabila butuh lagi untuk mengisi daya.

Untuk harga biasanya tidak terlalu berbeda jauh antar 1 kapasitas dengan kapasitas lainnya.

 

6. Power Bank dengan Proteksi Keamanan Mengamankan HP Android

Untuk mencegah hal yang tidak di inginkan pilihkan power bank dengan proteksi keamanan.

Keamanan disini terkait dengan proses pengisian daya. Power bank yang bagus adalah power yang memiliki fitur Short Circuit Protection dan juga fitur Over Charging Protection.

Keduanya ini penting. Short Circuit Protection merupakan sebuah fitur proteksi untuk melindungi power bank serta handphone yang kalian miliki dari kerusakan yang disebabkan oleh arus pendek atau korsleting listrik.

Untuk fitur Over Charging Protection ini merupakan fitur yang sangat berguna yakni fitur mendeteksi baterai telah terisi penuh maka power bank secara otomatis akan menghentikan pengisian daya ke smartphone android milik kalian.

Baca juga :  [Work 100%] Tips dan Trik Agar HP Android Tidak Lemot Terbaru

7. Arus Daya Power Bank dengan Handphone Harus Sama

Pengisian baterai dengan arus daya yang tidak tepat dapat mempercepat kerusakan baterai Android kalian.

Seiring dengan perkembangan zaman saat ini banyak HP yang sudah menggunakan fitur fast charging.

Fitur fast charging saat ini memerlukan arus sebesar 2 ampere (A). Sebaiknya kalian membeli power bank dengan fitur fast charging ini agar pengisian baterai kalian lebih cepat.

Fitur ini bisa kalian cek di daya output yang dihasilkan dari power bank yang dijual di pasaran.

 

8. Built-quality dari Power Bank Yang Bagus Akan Membuat Awet

Bahan pembuat dari power bank akan menentukan dari kualitas dan keawetan dari power bank itu sendiri. Jika terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh maka layak untuk digunakan.

Mengapa demikian ? Tentu saja apabila terbuat dari bahan yang kualitasnya di bawah standart akan membuat power bank cepat panas, dan tentu membuat cepat rusak.

 

Nah itulah beberapa tips agar memilih power bank agar kalian tidak salah pilih ketika membeli power bank. Sekian dan semoga bermanfaat.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *