Home - Blog - 8 Ciri-ciri Website User Friendly Yang Harus Diketahui

8 Ciri-ciri Website User Friendly Yang Harus Diketahui

8 Ciri-ciri Website User Friendly Yang Harus Diketahui – Dengan adanya website kita akan banyak terbantu. Misalnya saja dalam hal jual beli. Apabila kita memiliki website yang bisa digunakan untuk jual beli tentu akan sangat menguntungkan. Pembeli bisa akan datang darimana saja tanpa harus datang ke lokasi anda berjualan.

Website juga penting untuk sebuah perusahaan. Perusahaan yang memiliki website akan terkesan lebih maju daripada perusahaan yang tidak memiliki website. Dalam hal pendidikan pun website itu penting misalnya orang tua wali ingin mengetahui profil sekolahnya seperti apa, maka website adalah solusinya. Cukup mengakses website sekolah dari smartphone kesayangan saja cukup.

Baca juga :  Jangan Gunakan Tema AMP di Blogmu

Website yang bagus adalah website yang user friendly. User Friendly merupakan istilah untuk website atau aplikasi yang mudah digunakan pengguna atau nyaman digunakan. Jika disukai maka akan menyebabkan panjang pengunjung betah berlama-lama dan akan menambah banyak pengunjung.

Baca juga : Cloud Hosting Apakah Lebih Baik Dari Shared Hosting

8 Ciri-ciri Website User Friendly Yang Harus Diketahui

8 Ciri-ciri Website User Friendly Yang Harus Diketahui

Mudah dan cepat diakses

Loading website sangatlah berpengaruh. Semakin cepat loading makin bagus. Bagus dalam artian semua dan isi dari website tersebut dapat tampil dengan baik.

Pemilihan hosting juga harus diperhatikan. Jika server benar-benar bagus maka akan selalu up dan loading cepat. Banyak orang berpaling dari satu website gara-gara loading nya lama. Apakah Anda juga termasuk ?

Kecepatan loading tidak hanya karena faktor hosting saja tapi juga karena desain atau isi dari website itu sendiri. Desain bagus tapi loading lama bukan ide yang bagus. Desain simpel dan loading cepat tentu akan menarik. Boleh desain bagus dan loading cepat asal Anda paham bagaimana cara mengoptimalkan nya.

Domain Simple dan Jelas

Domain merupakan alamat dari sebuah website. Contohnya www.santridrajat.com, lazada.co.id dan sebagainya. Pemilihan nama yang tepat tentu bukanlah hal mudah. Pemilihan domain berdasarkan beberapa misalnya karena website pribadi maka menggunakan nama pribadi, jika perusahaan maka harus menggunakan nama perusahaan atau singkatan nya. Dan yang paling penting domain harus mudah diingat. Gunakan domain Simple, Unik dan Mudah Diingat. Jangan gunakan domain yang menggunakan banyak kata. Simple saja.

Menu Navigasi Jelas

Menu Navigasi tentu akan sangat membantu bagi para pengunjung website anda. Gunakan Menu Navigasi yang jelas dan tertata rapi. Jangan membingungkan pengunjung website ada dengan hadirnya menu tidak jelas. Apalagi website profil perusahaan tentu akan berpengaruh.

Baca juga :  Lakukan 5 Hal Ini Agar Blogmu Sukses

Link Mudah di Dikenali

Link yang mudah dikenali adalah link yang ada di dalam artikel atau menu bagian footer. Kadang kala ada website yang mana pengunjungnya kesulitan mencari sebuah link karena warna dari link dan text biasa sama saja. Solusinya adalah berikan warna yang berbeda apabila kita menyisipkan link ke dalam sebuah artikel. Mudah saja hal ini dilakukan. Blogger gratisan dari Google saja bisa melakukan hal ini.

Konten Adalah Hal Penting

Buatlah website ada hidup, walaupun sebuah website perusahaan. Misalnya saja update artikel aktifitas kerja atau kantor. Kalau website pribadi bisa menulis artikel-artikel yang menarik. Dan kembali ke tujuan awal adanya website ini. Isikan yang sesuai dengan tujuan dari website ini. Jangan sampai membuat website yang tidak memiliki tujuan.

Warna Nyaman Dimata

Pernah suatu saat mengunjungi blog dan tiba-tiba muncul musik. Hal ini sah-sah saja. Tapi tidak semua pengunjung suka dengan musik yang dihadirkan. Kalau tidak suka musiknya kadang malah akan menutup website anda.
Warna website juga penting. Buatlah website dengan warna yang menarik. Buatlah senyaman mungkin.

 

Dapat Diakses Semua Browser

Pengunjung bisa berasal dari berbagai lokasi, berbagai browser juga tentunya. Maka dari itu buatlah website sobat bisa di akses semua browser. Karena ada tema atau script yang hanya bisa di akses di browser tertentu saja

 

Responsive

Zaman nya perangkat mobile maka dari itu website harus bisa dibuka dengan perangkat mobile. Hampir semua website saat ini bisa menggunakan responsive desain. Para developer theme pun sudah paham hal ini. Jika belum responsive maka segera ganti tema website anda.

Baca juga :  Plugin Yang Dibutuhkan di Wordpress SelfHost

Bagi anda para pemilik website hal-hal di atas akan berguna apabila diterapkan dengan baik. Sekian dulu dan semoga bermanfaat dan jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *