6 Tips Merekam Video Menggunakan HP Android

6 Tips Merekam Video Menggunakan HP Android – Kamera Smartphone saat ini memang layak diacungi jempol. Hal ini karena hasil dari kamera smartphone memang benar-benar bagus.

Dukungan hardware kamera yang baik serta software yang bagus membuat hasil kamera layak disandingkan dengan kamera profesional.

Jadi kamu yang hobi dengan dunia fotografi tidak perlu bingung karena tidak memiliki kamera profesional. Ada kamera HP solusinya sebagai alat yang dapat digunakan dalam dunia fotografi.

Tidak hanya itu. Bagi kamu yang memiliki dunia videografi tidak usah bingung. Kamu bisa belajar menjadi profesional videografer dengan HP loh.

Baca juga :  Cara Membuka Pola Kunci Android Yang Lupa atau Terblokir

Kalau kamu ingin belajar tidak ada salahnya apabila menggunakan kamera HP Android saja. Hal ini karena kualitas dari kamera dan dukungan software saat mendukung video yang memiliki kualitas bagus.

Bagi kamu yang ingin belajar merekam video dengan kamera HP agar hasilnya bagus maka gunakan 6 Tips Merekam Video Menggunakan HP Android di bawah ini

1. Gunakan Tripod Agar Hasilnya Stabil

Memang butuh sedikit modal tapi hasilnya akan memuaskan. Bagi kamu yang ingin hasil video yang direkam stabil maka gunakanlah tripod. Dengan adanya tripod ini kamu akan terbantu agar video yang direkam stabil.

Stabil tidak goyang merupakan video yang banyak diinginkan. Walaupun HP Android kamu tidak begitu bagus kameranya namun dengan bantuan tripod ini hasilnya akan tidak kalah dengan smartphone yang lebih bagus. Bahkan bisa menyaingi para profesional video loh.

Baca juga :  Cara Download Banyak Video di Youtube

2. Gunakan Kunci Fokus Manual Agar Titik Fokus Video Tidak Berpindah-pindah

Ketika kita merekam sebuah video maka otomatis mencari titik fokus. Fokus otomatis ini merupakan software yang ditanam agar video yang dihasilkan fokus di 1 titik saja.

Hal yang kadang kurang disadari adalah penggunaan fokus ini. Biasanya akan menggunakan sistem auto fokus. Hal ini kurang maksimal. Gunakan saja fokus manual di pengaturan agar hasilnya maksimal.

Kekurangan dari autofokus adalah video akan tiba-tiba blur atau bahkan terang dengan sendirinya. Hal ini menyebabkan video yang dihasilnya kurang maksimal. Gunakan saja fokus manual agar hasilnya tetap stabil.

3. Jangan Menggunakan Digital Zoom Agar Hasil Video Tidak Blur

Digital Zoom merupakan fitur yang ada di kamera HP. Tujuan dari fitur ini agar kita bisa mengambil gambar yang objeknya jauh.

Tetapi dengan menggunakan digital zoom ini tidak serta merta hasilnya bagus. Jika objeknya terlalu jauh maka hasilnya akan kurang jelas atau blur.

Jika ingin mengambil objek yang jauh sebaiknya stop video dan dekatnya HP dan tripod ke objek saja. Jangan menggunakan digital zoom.

Kalian boleh saja menggunakan digital zoom asalkan HP kalian kameranya benar-benar super bagus. HP dengan kamera yang super bagus biasanya harganya memang mahal. Kalian bisa test kekuatan kamera kalian sendiri dan lihat hasilnya.

Baca juga :  VGA NVIDIA vs AMD RADEON (ATI Radeon)

4. Aktifkan Fitur Stabilizer di Pengaturan HP Android

Di tahun 2018 ke atas banyak vendor memberikan fitur ini. Fitur stabilizer di HP kalian tidak aktif langsung. Fungsi stabilizer ini adalah ketika merekam menggunakan tangan hasilnya akan tetap stabil.

Biasanya para vlogger merekam dengan tangan, agar tidak goyang maka akfitkan fitur ini. Hasilnya akan berbeda dengan tanpa fitur ini.

5. Agar Kualitas Audio Baik maka Tambahkan Mikrofon Tambahan

Selain gambar audio juga hal penting dalam sebuah video. Video bagus kalau suaranya amburadul maka kurang pas. Maka dari itu maka gunakan mikrofon tambahan agar hasil audio bagus.

Mikrofon yang bagus biasanya akan membantu meredam suara yang tidak jelas. Dengan adanya microphone ini kamu akan terbantu karena akan membuat noise audio berkurang.

Untuk harga microphone eksternal ini harga bervariasi. Ada harga ada kualitas tentunya.

Baca juga :  Cara Merekam Panggilan Telepon di iPhone Tanpa Aplikasi

6. Sumber Pencahayaan Video Penting

Jika merekam video diluar ruangan maka tidak masalah. Karena dukungan sinar matahari yang stabil. Tapi jika di dalam ruangan sebaiknya gunakan tambahan lighting atau lampu agar video yang ambil lebih cerah.

Kalau ingin hasilnya maksimal memang ada lampu lighting khusus. Namun jika belum ada bisa menggunakan lampu biasa yang ada disekitar kita. Asalkan cahaya yang dihasilkan benar-benar bagus tentu tidak masalah.

Namun tidak disarankan untuk menggunakan lampu flash dari HP kalian. Mengapa demikian ? Hal ini karena kualitas dari cahaya flash ini memiliki kontras yang over. Objek akan bercahaya, tapi disisi lain background akan terlihat gelap.

 

Begitu lah cara agar kita mendapatkan rekaman video yang bagus seperti halnya hasil video para profesional videografer. Dan tentunya irit, karena hanya menggunakan HP dan aksesories tambahan yang ramah di kantong. Sekian dan semoga bermanfaat.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *