Home » Software » Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Portable

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Portable

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Portable – Pada umumnya untuk menggunakan sebuah aplikasi di sebuah komputer atau laptop maka harus instal terlebih dahulu. ‘Namun hal ini tidak berlaku pada aplikasi portable.

Aplikasi portable merupakan aplikasi yang memang dirancang yang mana penggunaannya tanpa harus melakukkan instalasi. Dalam bahasa Inggris kita bisa menyebutnya dengan Portable App.

Baca juga : Cara Merawat USB Flasdisk Agar Awet

Karena tidak perlu instal maka kita bisa menyimpannya di Hardisk Ekternal, USB Flasdisk, CD atau DVD. Salah satu tujuan dari pembuatan aplikasi portable ini adalah agar pengguna lebih mudah tanpa harus instal. Tentunya hal ini sangat flexible kan ? Namun aplikasi yang sifatnya portable ini juga memiliki kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi portable yang lain ? Monggo disimak

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Portable

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Portable

Kelebihan Aplikasi Portable

  • Simple, Fleksible dan Ringkas

Menggunakan sebuah aplikasi yang sifatnya portable memang mudah dan simpel. Untuk menggunakan aplikasi kita tanpa harus melakukan instalasi yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Tinggal klik 2 kali langsung jalanlah aplikasi portable ini. Karena bisa berjalan di media penyimpanan maka kita dapat dengan mudah memindahkannya. Sangatlah ringkas.

  • Ukuran Kecil

Masalah ukuran file sobat Santri Drajat tak perlu khawatir. Karena aplikasi portable rata-rata ukurannya kecil kok. Jadi jika di simpan dalam flasdisk atau hardisk maka tidak akan menjadi masalah.

  • Mudah di Copy

Jika aplikasi pada umumnya harus di simpan di drive C maka hal itu tidak berlaku untuk portable App. Kita bisa menempatkan file aplikasi portable dimana saja. Dan jika sobat Santri Drajat ingin aplikasi portable seperti aplikasi non portable maka silakan buat pintasan atau shortcut di layar dekstop.

  • Gratis

Kebanyakan progam aplikasi poratble ini sifatnya gratis dan bisa di download sesuka hati. Sobat bisa download di situs portableapps.com yang mana merupakan situs yang menampung berbagai aplikasi portable dari para developer. Namun terkadang bisa ditemukan aplikasi yang harus berbayar menjadi tidak berbayar. Mungkin saja ada orang yang merubah aplikasi yang non portable menjadi portable tanpa seizin dari developer yang asli.

  • Lebih Aman dan Privasi Terjaga

Hal ini berlaku untuk browser yang bersifat portable. Jika sobat sering browsing di warnet gunakan saja browser portable. Dengan menggunakan browser portable jejak browsing, cache dan lain sebagainya tidak akan terlihat. Silakan gunakan browser pribadi yang sobat simpat di flasdisk atau hardisk.

Baca juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

Kekurangan Aplikasi Portable

  • Tidak adanya plugin

Plugin merupakan program pendukung aplikasi utama. Menggunakan aplikasi portable tidak memungkinkan untuk menambahkan suatu plugin. Jadi fungsi utamanya saja yang dapat digunakan.

  • Tidak Semua dapat dijalankan

Tidak semua aplikasi portable dapat dijalankan dengan lancar. Yang sering ditemui adalah file aplikasi yang portable yang berukuran besar yang mengalami error ketika dijalankan.

  • Minim Fitur

Karena sifatnya portable maka pihak developer atau pengembang sengaja memberikan perbedaan antara versi portable dan non portable. Mungkin saja pengurangan fitur untuk progam aplikasi portable.

Demikian sedikit usalan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Portable. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Portable ini.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *