Home » Hardware » Fungsi Baterai CMOS Laptop dan Komputer

Fungsi Baterai CMOS Laptop dan Komputer

Fungsi Baterai CMOS Laptop dan Komputer – Setiap motherboard akan ada yang namanya baterai CMOS. Apa itu baterai CMOS. CMOS merupakan kependekan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor.

Mengapa harus ada baterai CMOS ? Fungsi dari baterai CMOS ini adalah memberi power atau tenaga ke motherboard yang berfungsi mengatur BIOS. Jika sobat santri drajat belum paham apa itu bios silakan baca Apa itu BIOS.

Jika tidak ada power atau tenaga dari CMOS maka BIOS akan kembali reset atau kembali ke pengaturan awal. Karena tidak ada tenaga untuk menyimpan pengaturan.

Baca juga : Cara Mempercepat Booting Windows

Ketika komputer melakukan booting, BIOS mulai melakukan tugasnya yakni melakukan Power On Self Test (POST). Dan juga mengecek komponen hardware komputer. BIOS lalu melewati kontrol ke boot loader yang terletak di device seperti harddisk, flashdisk, atau DVD.

Fungsi Baterai CMOS Laptop dan Komputer

Fungsi Baterai CMOS Laptop dan Komputer

BIOS bertugas di sistem low-level. Untuk masuk ke BIOS, maka harus memencet tombol tertentu pada saat komputer mulai booting. Pada sistem low-level inilah hardware dapat diatur.

Kenapa Butuh Baterai CMOS ?

Jika penjelasan di atas kurang jelas maka akan saya kembali jelaskan. Sebuah laptop atau komputer dimana motherboardnya memiliki Real Time Clock (RTC) atau waktu yang tidak boleh berubah atau harus selalu aktif.

Untuk mengaktifkan jam inilah maka dibutuhkan baterai ketika sedang terhubungan dengan arus listrik. Maka dari itu dibutuhkan sebuah baterai CMOS di motherboard.

Selain agar jam selalu update fungsi dari baterai CMOS adalah memberi tenaga kepada penyimpanan motherboard. Karena di motherboard terdapat beberapa pengaturan seperti pengaturan booting dan lainnya.

Baca juga : Mengatasi Laptop atau Komputer Tidak Bisa Booting

Apabila Baterai CMOS Habis dan Ciri Baterai CMOS Habis

Jika baterai CMOS habis maka akan ada beberapa tanda. Diantara tanda baterai CMOS habis adalah

  1. Jam atau waktu yang tidak bisa update atau beruba terus menerus
  2. Muncul pesan error CMOS Battery Failure, CMOS Read Error, atau CMOS Checksum Error.

Jika sudah begitu cukup ganti baterai dengan baru. Harganya cukup murah. Pada saat artikel ini ditulis harganya kurang dari Rp. 5000.

Ketahanan baterai berapa lama saya kurang tahu. Karena setiap perangkat atau device berbeda. Jika komputer atau laptop sering digunakan maka baterai CMOS akan awet karena tenaga disuplay dari tenaga listrik secara langsung bukan dari baterai CMOS.

Baca juga : Tips Merawat Baterai Yang Baik dan Benar

Kiranya itu dulu tentang Fungsi Baterai CMOS Laptop dan Komputer. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Fungsi Baterai CMOS Laptop dan Komputer ini ya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *