Home » Blog » Cara Backup Artikel di Blogspot

Cara Backup Artikel di Blogspot

Cara Backup Artikel di Blogspot – Salah satu tempat gratis membuat blog gratis adalah di blogspot. Google memberikan layanan platform blogspot secara cuma-cuma atau gratis. Bagi sobat Santri Drajat yang berminat menjadi seorang blogger bisa menjadikan blogspot ini.

Kelebihan dari menggunakan blogspot adalah gratis dan cocok untuk pemula. Berbeda dengan yang menggunakan word press self hosting yang mana harus membayar hosting dan juga domain. Kalau sobat menggunakan blogspot maka sobat tanpa perlu memikirkan biaya hosting dan domain.

Baca juga : Biaya Untuk Membuat Blog

Namun kekurangan dari blogspot adalah nama URL blog yang kudu harus ada embel-embel .blogspot.com. Jika ingin mengganti menjadi blogspot bisa saja namun harus membeli domain. Domain merupakan nama dari sebuah situs, misalnya santridrajat.com, google.co.id, kompas.com dan lainnya. Kurang lebih sobat bisa baca di artikel Apa itu domain dan Hosting

Berbicara masalah blogspot sebagai platform unntuk ngeblog. Ada kalanya kita harus backup artikel yang kita posting. Mengapa harus kita backup artikel ?

Ada banyak manfaat mengapa harus backup artikel. Misalnya saja artikelnya ingin dipindahkan ke platform lain, ke wordpress misalnya. Apakah bisa memindahkan antar platform blog ? Bisa saja. Lain kali saja kita bahas hal itu. 😀

Baca juga : Tips membuat Blog Untuk Orang Awam

Cara Backup Artikel di Blogspot

1. Untuk back up artikel di blogspot silakan login akun blogspot sobat

2. Jika sudah silakan masuk pada sub menu lainnya

3. Perhatikan pada bagian kanan. Ada menu Alat Blog (impor Konten dan Backup Konten)

Cara Backup Artikel di Blogspot

4. Untuk Backup silakan pilih backup blog,

5. Akan muncul jendela pop up dan silakan pilih simpan ke komputer

Cara Backup Artikel di Blogspot

6. Sobat akan mendownload semua artikel yang pernah sobat posting. Semakin banyak artikel tentunya akan semakin besar pula filenya.

7. File yang di download atau di backup akan berbentuk .XML

8. Jika sobat ingin mengembalikan artikel atau restore sobat bisa menggunakan langkah di atas dan pilih menu impor konten.

Baca juga : Raditya Dika, dari Seorang Blogger Menjadi Artis

Demikian tutorial Cara Backup Artikel di Blogspot. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Cara Backup Artikel di Blogspot ini.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *