Jumat, 31 Mei 2013

Free Download Pengajian Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur [Pendidikan]


Pendidikan itu penting, paka banget, alias pendidikan itu penting banget. Ya memang, pendidikan itu penting. Anda pernah denger orang yang bilang kayak gini "Ah buat pa sekolah tinggi-tinggi ujung-ujungnya juga jadi petani or kuli (bagi yang laki-laki), ah nanti bakalan juga kerjanya di dapur (bagi yang perempuan)" itulah biasa perkataan orang desa yang belum tahu penting pendidikan. 

kh. abdul ghofur


Banyak sekali manfaat pendidikan bagi kita, orang yang berpendidikan atau orang yang punya ilmu Allah akan tinggikan derajatnya, Allah yang berjanji, masak gak percaya ma Allah?

Pengen lebih tau betapa pentingnya pendidikan bagi kita, oke langsung ja nie download pengajian yang bertema pendidikan oleh Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan. Downloadnya disini !

Rabu, 29 Mei 2013

Jumat, 24 Mei 2013

Mengapa Wanita Cerewet ?



Jangan harap menemukan ketenangan saat sedang berkumpul dengan semua teman perempuan. Ya, rasanya nggak berlebihan jika beberapa orang mengeluarkan pernyataan seperti itu. Walaupun pada kenyataannya tidak semua perempuan banyak bicara, tapi hampir setiap perempuan pada umumnya akan lebih senang berbicara dibandingkan dengan laki-laki.
Sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland menemukan kenyataan bahwa perempuan berbicara 3 kali lipat lebih banyak daripada laki-laki. Dalam satu hari, rata-rata perempuan mengeluarkan 13.000 sampai 20.000 kata sedangkan laki-laki hanya 7.000 kata. So, nggak heran kan kalau kita nggak pernah merasa kesepian berada di sekliling teman-teman perempuan.
Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa salah satu sebab yang membuat perempuan memproduksi kata lebih banyak daripada laki-laki adalah adanya kadar satu jenis protein berlebih dalam otak perempuan yang terkait dengan kemampuan berbicara. Sedangkan pada otak laki-laki kadar protein tersebut berjumlah lebih sedikit.
“Hingga saat ini hasil penelitian tentang kemampuan berbicara antara laki-laki dan perempuan masih menjadi perdebatan. Belum ada satupun penelitian yang bersifat mutlak. Hasil satu penelitian dibantah oleh penelitian lainnya. Jadi, semua hasil penelitian masih harus dilihat berdasarkan tempat penelitian dan kecenderungan budaya sekitar yang memengaruhi,” Kushartanti menjelaskan.
Tapi, ketika ditanya ‘ apakah setuju jika dikatakan perempuan lebih cerewet daripada laki-laki’, perempuan yang biasa disapa Kiki ini pun setuju dan mengiyakan bahwa perempuan memang lebih cerewet dari laki-laki. “Ya, saya setuju jika dikatakan perempuan lebih cerewet dari laki-laki karena memang saya pun merasakannya. Tapi, untuk faktor penentu, saya lebih cenderung menyebut bahwa lingkungan dan budaya yang menjadi penyebabnya. Kita ambil contoh saja di lingkungan terdekat. Biasanya saat kita bertemu laki-laki yang agak aktif berbicara, lingkungan sekitar akan memberika respon, ‘Kok jadi laki-laki cerewet sih’. Hal-hal seperti inilah yang akhirnya membuat laki-laki “seolah” malas untuk berbicara banyak,” ujar Kiki, yang saat ini tengah menyelesaikan disertasi mengenai kemampuan berbahasa perempuan dan laki-laki.
Bukan hanya faktor lingkungan dan budaya yang pada akhirnya membentuk perempuan menjadi ‘makhluk cerewet’ karena ternyata orangtua juga memegang peranan penting. “Tidak bisa dipungkiri, orangtua juga banyak berperan dalam membuat kita (perempuan) menjadi lebih aktif berbicara. Saat masih anak-anak, orangtua (khususnya Ibu) biasanya akan berbicara lebih panjang kepada anak perempuannya daripada saat berbicara pada anak laki-lakinya. Ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat perbendaharaan kata perempuan lebih banyak dan membuat kita lebih aktif berbicara. Namun, tidak semua perempuan cerewet dan laki-laki pendiam. Ada juga perempuan pendiam dan laki-laki cerewet. Bahwa pada akhirnya si perempuan pendiam bisa menjadi sosok cerewet pada suatu masa, tentu ada satu faktor yang memicunya untuk menjadi cerewet. Dan itu kembali lagi kepada faktor lingkungan sosial dan budaya,” Kiki kembali menjelaskan.
Sebagai perempuan tentu kita nggak pernah meminta untuk dilahirkan lebih aktif berbicara dibandingkan laki-laki, namun ternyata kondisi sosial, budaya, dan anatomi tubuh mendukung kita untuk lebih produktif berkata-kata. Jadi, nggak perlu menyangkal lagi kan kalau suatu saat ada yang bilang kamu bawel. Selama anugerah cerewet dan bawel yang kita miliki tidak mengganggu orang lain dan justru membawa dampak positif serta keuntungan, rasanya nggak perlu marah kan dengan julukan ‘cerewet’ yang diberikan oleh orang-orang di sekitar.
yahoo[dot]com

Rabu, 15 Mei 2013

Makna di Balik Lirik Lagu Noah Walau Habis Terang


Sebelum membahas lebih dalam tentang video lagu walau habis terang mari kita simak terlebih dahulu liriknya




Ku terbiasa tersenyum terang

walau a a a a

hatiku menangis

Kaulah cerita
tertulis dengan pasti
selamanya dalam pikiranku
Peluk tubuhku untuk sejenak
Dan biarkan kita memudar dengan pasti
Biarkan semua seperti seharusnya
Takkan pernah menjadi milikku

Lupakan semua
tinggalkan ini
Ku kan tenang
dan kau kan pergi
Berjalanlah walau habis terang
Ambil cahaya cinta kuterangi jalanmu
Di antara beribu lainnya
kau tetap..
kau tetap..
kau tetap..
benderang.. 
Lirik tersebut menggambarkan seseorang yang sedang mengalami sesuatu hal yang BURUK dalam hidupnya. Tetapi orang tersebut masih tetap berusaha untuk tetap bangkit walau habis terang. 
Kalimat “walau habis terang” disini bisa diartikan kedalam dua kondisi, kondisi pertama diibaratkan sebagai seseorang yang habis mendapatkan terang (kejayaan) di dalam hidupnya namun keteranganya itu habis, arti walau habis terang dalam kondisi pertama adalah SETELAH TERANG. Setelah terang yaitu gelap, seperti yang digambarkan dalam video klipnya yaitu adalah siang, berangsur angsur menjadi sore kemudian pada akhir video klipnya menjadi malam. Artinya seseorang yang setelah mendapatkan kejayaan dalam hidupnya dia hancur dan terpurk dan kejayaanya habis.
Kondisi kedua kalimat “walau habis terang” bisa diartikan adalah seseorang yang sedang terpuruk seakan – akan terangnya itu habis , atau bisa disingkat arti walau habis terang pada kondisi kedua adalah TERANGNYA HABIS.
Namun saya sebagai penulis sekaligus penganalisa , saya cenderung menganggap kalimat “walau habis terang” itu adalah sebenernya terjadi pada kondisi pertama dimana SETELAH TERANG dan gelap mulai menghampiri. Video klip walau habis terang mempunyai banyak sekali arti yang tersembunyi, awalnya saya mengira itu hanya ketidak sengajaan saja, ternyata itu disengaja
Mobil yang menyeret ariel itu bisa dikatakan seperti beban berat yang terus menyakiti, menyakiti sang pencipta lagu itu sendiri. Namun seperti diliriknya “ku terbiasa tersenyum terang walau hati ku menangis” itu yang digambarkan pada video klip tersebut. Ketika ariel diseret ekspresinya adalah tersenyum dan bernyanyi. Itu menandakan walau sebenarnya ariel sang pencipta lagu itu merasakan sakit dia mampu untuk tetap tersenyum. Seperti yang saya sudah tulis tadi perumpamaan habis terang adalah ketika di video tersebut siang menjadi sore dan malam itu menandakan walau habis terang adalah sesudah terang kemudian menjadi gelap

Lalu apa maksud dari mobil yang meledak di akhir video ? mobil yang menyeret ariel meledak, terbakar dan hancur berkeping ?

Ini bagian yang paling penting dan inti dari filosofi lagu tersebut, mobil meledak hancur berkeping – keeping di malam yang gelap sehingga menimbulkan cahaya dari api yang terbakar itu serta bermunculan personil – personil lain band peterpan, artinya adalah kita harus menghancurkan beban kita sampai berkeping – keping (beban disini digambarkan mobil yang terus – menerus menyeret ariel) , lalu setelah beban itu hancur pasti akan muncul cahaya (cahaya disini digambarkan adalah api dari mobil yang meledak di malam gelap) dan diantara beban – beban kita pasti akan ada orang lain yang akan membantu kita, dan kita harus menerima bantuan itu (hal ini digambarkan dimana ketika mobi itu hancur, muncul cahaya api, dan muncul personil peterpan lain yang saling berangkulan) 
Itu adalah filosofo lagu tersebut versi saya , lagu sederhana tetapi memiliki makna yang begitu dalam. Namun yang masih menjadi misteri buat saya adalah wanita yang menyetiri mobil yang menyeret ariel, dia menyetir sambil nangis, hmm saya belom bisa mengartikan secara pasti namun sepertinya maksudnya adalah beban yang terus mengikuti ariel adalah wanita.
from :  http://arifbudiarta0201.blogspot.com

Kata Mutiara Imam Ghozali (Pengarang Kitab Ihya' Ulumuddin)



Kata-kata Imam Al Ghazali
Ibadah dan pengetahuan sambil makan haram adalah seperti konstruksi pada kotoran. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Belum pernah saya berurusan dengan sesuatu yang lebih sulit daripada jiwa saya sendiri, yang kadang-kadang membantu saya dan kadang-kadang menentang saya. 
(Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Barangsiapa yang memilih harta dan anak – anaknya daripada apa yang ada di sisi Allah, niscaya ia rugi dan tertipu dengan kerugian yang amat besar. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Barangsiapa yang menghabiskan waktu berjam – jam lamanya untuk mengumpulkan harta kerana ditakutkan miskin, maka dialah sebenarnya orang yang miskin. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Barangsiapa yang meyombongkan diri kepada salah seorang daripada hamba – hamba Allah, sesungguhnya ia telah bertengkar dengan Allah pada haknya. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Berani adalah sifat mulia kerana berada di antara pengecut dan membuta tuli. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Pemurah itu juga suatu kemuliaan kerana berada di antara bakhil dan boros. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Bersungguh – sungguhlah engkau dalam menuntut ilmu, jauhilah kemalasan dan kebosanan kerana jika tidak demikian engkau akan berada dalam bahaya kesesatan. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Cinta merupakan sumber kebahagiaan dan cinta terhadap Allah harus dipelihara dan dipupuk, suburkan dengan shalat serta ibadah yang lainnya. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Ciri yang membedakan manusia dan hewan adalah ilmu. Manusia adalah manusia mulia yang mana ia menjadi mulia kerana ilmu, tanpa ilmu mustahil ada kekuatan. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Hadapi kawan atau musuhmu itu dengan wajah yang menunjukkan kegembiraan, kerelaan penuh kesopanan dan ketenangan. Jangan menampakkan sikap angkuh dan sombong. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Ilmu itu kehidupan hati daripada kebutaan, sinar penglihatan daripada kezaliman dan tenaga badan daripada kelemahan. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Kita tidak akan sanggup mengekang amarah dan hawa nafsu secara keseluruhan hingga tidak meninggalkan bekas apapun dalam diri kita. Namun jika mencoba untuk mengendalikan keduanya dengan cara latihan dan kesungguhan yang kuat, tentu kita akan bisa. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Sifat utama pemimpin ialah beradab dan mulia hati. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Kebahagiaan terletak pada kemenangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Kalau besar yang dituntut dan mulia yang dicari,maka payah melaluinya, panjang jalannya dan banyak rintangannya. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Jadikan kematian itu hanya pada badan kerana tempat tinggalmu ialah liang kubur dan penghuni kubur sentiasa menanti kedatanganmu setiap masa.  (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Pelajari ilmu syariat untuk menunaikan segala perintah Allah SWT dan juga ilmu akhirat yang dapat menjamin keselamatanmu di akhirat nanti.  (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal. (Imam Al Ghazali)

Downlaod Pengajian Kitab Ihya Ulumuddin Imam Ghozali DISINI

Senin, 06 Mei 2013

Minggu, 05 Mei 2013

Pendaftaran Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat (YPPSD) 2013/2014


Jadwal Pendaftaran Siswa Baru Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat

Waktu Pendaftaran
  • Tanggal 24 Juni sampai dengan 01 Juli 2013
  • Waktu Pendaftaran 08.00-12.30 WIB
  • Tempat pendaftaran di Gedung Pertemuan Pondok Pesantren Sunan Drajat 
  • Biaya Pendaftaran Rp. 75.000,-
Test Masuk
Test masuk masuk dilakukan pada tanggal 02 Juli 2013. Test ini meliputi test tulisan dan test wawancara(lisan).

Pengumuman Test
Pengumuman Hasil Test Masuk pada tanggal 03 Juli 2013 pada pukul 08.00 WIB secara offline

Daftar Ulang
Daftar Ulang dilakukan apabila siswa tersebut telah dinyatakan lulus test dan memenuhi persyaratan untuk menjadi siswa di Pondok Pesantren Sunan Drajat. Adapun waktu daftar ulang tanggal 03-05 Juli 2013. Tempat Daftar Ulang Lembaga Pendidikan di Badan Koordinasi Keuangan Ponpes Sunan Drajat.

Masa Orientasi Siswa
Masa Orientasi Siswa (MOS) dilakukan serempak oleh semua lembaga-lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Sunan Drajat yaitu pada tanggal 06-07 Juli 2013

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) aktif pada tanggal 10 Juli 2013