Makna di Balik Lirik Lagu Noah Walau Habis Terang

Diposkan oleh jun setyawan on Rabu, 15 Mei 2013


Sebelum membahas lebih dalam tentang video lagu walau habis terang mari kita simak terlebih dahulu liriknya




Ku terbiasa tersenyum terang

walau a a a a

hatiku menangis
Kaulah cerita
tertulis dengan pasti
selamanya dalam pikiranku
Peluk tubuhku untuk sejenak
Dan biarkan kita memudar dengan pasti
Biarkan semua seperti seharusnya
Takkan pernah menjadi milikku

Lupakan semua
tinggalkan ini
Ku kan tenang
dan kau kan pergi
Berjalanlah walau habis terang
Ambil cahaya cinta kuterangi jalanmu
Di antara beribu lainnya
kau tetap..
kau tetap..
kau tetap..
benderang.. 
Lirik tersebut menggambarkan seseorang yang sedang mengalami sesuatu hal yang BURUK dalam hidupnya. Tetapi orang tersebut masih tetap berusaha untuk tetap bangkit walau habis terang. 
Kalimat “walau habis terang” disini bisa diartikan kedalam dua kondisi, kondisi pertama diibaratkan sebagai seseorang yang habis mendapatkan terang (kejayaan) di dalam hidupnya namun keteranganya itu habis, arti walau habis terang dalam kondisi pertama adalah SETELAH TERANG. Setelah terang yaitu gelap, seperti yang digambarkan dalam video klipnya yaitu adalah siang, berangsur angsur menjadi sore kemudian pada akhir video klipnya menjadi malam. Artinya seseorang yang setelah mendapatkan kejayaan dalam hidupnya dia hancur dan terpurk dan kejayaanya habis.
Kondisi kedua kalimat “walau habis terang” bisa diartikan adalah seseorang yang sedang terpuruk seakan – akan terangnya itu habis , atau bisa disingkat arti walau habis terang pada kondisi kedua adalah TERANGNYA HABIS.
Namun saya sebagai penulis sekaligus penganalisa , saya cenderung menganggap kalimat “walau habis terang” itu adalah sebenernya terjadi pada kondisi pertama dimana SETELAH TERANG dan gelap mulai menghampiri. Video klip walau habis terang mempunyai banyak sekali arti yang tersembunyi, awalnya saya mengira itu hanya ketidak sengajaan saja, ternyata itu disengaja
Mobil yang menyeret ariel itu bisa dikatakan seperti beban berat yang terus menyakiti, menyakiti sang pencipta lagu itu sendiri. Namun seperti diliriknya “ku terbiasa tersenyum terang walau hati ku menangis” itu yang digambarkan pada video klip tersebut. Ketika ariel diseret ekspresinya adalah tersenyum dan bernyanyi. Itu menandakan walau sebenarnya ariel sang pencipta lagu itu merasakan sakit dia mampu untuk tetap tersenyum. Seperti yang saya sudah tulis tadi perumpamaan habis terang adalah ketika di video tersebut siang menjadi sore dan malam itu menandakan walau habis terang adalah sesudah terang kemudian menjadi gelap

Lalu apa maksud dari mobil yang meledak di akhir video ? mobil yang menyeret ariel meledak, terbakar dan hancur berkeping ?

Ini bagian yang paling penting dan inti dari filosofi lagu tersebut, mobil meledak hancur berkeping – keeping di malam yang gelap sehingga menimbulkan cahaya dari api yang terbakar itu serta bermunculan personil – personil lain band peterpan, artinya adalah kita harus menghancurkan beban kita sampai berkeping – keping (beban disini digambarkan mobil yang terus – menerus menyeret ariel) , lalu setelah beban itu hancur pasti akan muncul cahaya (cahaya disini digambarkan adalah api dari mobil yang meledak di malam gelap) dan diantara beban – beban kita pasti akan ada orang lain yang akan membantu kita, dan kita harus menerima bantuan itu (hal ini digambarkan dimana ketika mobi itu hancur, muncul cahaya api, dan muncul personil peterpan lain yang saling berangkulan) 
Itu adalah filosofo lagu tersebut versi saya , lagu sederhana tetapi memiliki makna yang begitu dalam. Namun yang masih menjadi misteri buat saya adalah wanita yang menyetiri mobil yang menyeret ariel, dia menyetir sambil nangis, hmm saya belom bisa mengartikan secara pasti namun sepertinya maksudnya adalah beban yang terus mengikuti ariel adalah wanita.
from :  http://arifbudiarta0201.blogspot.com

Like This Like This !!!

×

Powered By Santri Drajat and Get This Widget